Cara daftar kulia di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sebelum kalian membaca tulisan terkait bagaimana mendaftar kuliah di kampus UIN Suka yogyakarta, kalian perlu membaca tentang profil UIN Suka, lalu bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang akan diambil


Pendaftaran di UIN Sunan Kalijaga Yogyakata dibagi menjadi beberapa jalur, diantaranya yaitu :
  1. SNMPTN
    Bagi kalian yang ingin ikut pada jalur ini, kalian bisa akses di laman http://www.snmptn.ac.id, Disitu kalia bisa melihat bagaimana prrsedur pendaftaran, syarat syaratnya, jadwal penting, serta pembayarannya.

  2. SBMPTN
    Cara daftar kulia di UIN Sunan Kalijaga YogyakartaHampir sama seperti jalur SNMPTN, jika kalian ingin daftar lewat jalur ini, siakan cari informasi di laman http://www.sbmptn.ac.id

  3. SPAN-PTKIN
    Info lebih lanjut silakan kunjungi website ini ya http://www.span-ptkin.ac.id

  4. UM-PTKIN
    Jalur ini diperuntukkan bagi perguruan tinggi islam negeri saja, misalnya STAIN, UIN, maupun IAIN se-Indonesia. Informasi lebih lanjut, silakan lihat di http://www.um-ptkin.ac.id

  5. Mandiri
    Jalur mandiri merupakan jalur internal yang dilakukan oleh pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sendiri, bagi kaliam yang ingin mendaftar di jalur ini, silaka kunjungi halaman resmi UIN SUKA di alamat uin-suka.ac.id

Cara Memilih Kos Kosan

Kos kosan maupun kontrakan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi mahasiswa. Biasanya di sekitar kampus banyak sekali warga yang menyewakan rumah  untuk digunakan sebagai kos kosan atau kontrakan, mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat kalian mulai mencarinya :
  1. Sesuaikan budged kalian
    Cara Memilih Kos KosanBagi kalia yang berasal dari keluarag berada, bolehlah cari kosan yang elit, tapi buat klian yang dananya pas pasan, maka carilah kos yang rada murah, kasihan itu orang tua kalian. Namun perlu diinget bahwa ono rego ono rupo, artinya ketika kosannya murah, kalian harus bisa menerima keadaan ya, jangan banyak menuntut dengan pak kosnya.

  2. Lihat kebersihan lingkungan
    Kebersihan lingkungan menjadi pertimbangan yang utama pada saat kalian mencari kosan, karena nyaman tidaknya kalian dikos salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Untuk itu, carilah kosan yang bersih, rapih, dan kalo bisa ada marbotnya yang bertugas untuk membersihkan kosan setiap hari, namun kalo dana kalian terbatas, kalian ya harus turun tangan sendiri untuk membersihkan kosannya.

  3. Lihat suasana kos kosan
    Belajar itu butuh tempat yang nyaman, dan tidak berisik. Meskipun kamar kamar kosannya banyak ada juga kok kosan yang nyaman tidak berisik. Suasana kosan juga mempengaruhi kalian dalam mengerjakan tugas tugas kuliah loh, karena jika kosannya berisik maka dipastikan kalian tidak akan mampu belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal.

  4. Usahakan dekat dengan masjid
    Anak kositu apa ngak ada yang ngatur, bahkan sampai urusan ibadah pun masing - masing individu, berbeda dengan ketika kalian ada di rumah, kadang diantara orang ta kalian ada yang merhatiin untuk mengajak sholat, namun ketika sudah berada di kosan, maka ita seolah olah sudah bebas, mau ngapain pun sesuka sukanya kita. Nah, untuk itu cobalah cari kosan yang deket mesjid, harapannya jika kalian lagi jauh dari Allah, minimal ada adzan yang mengingatkan kalian untuk bergegas datang ke mesjid, apa lagi waktu subuh ya, umumnya anak kos itu susah sekali bangun subuh, karena kerjaannya begadang, jadi kalo kalian tingal di kosan yang deket dengan masjid, bisa jadi kalian terbangun dengan adzan yang dikumandangkan oleh muadzin itu.

  5. Aman
    Biasanya kosan yang deket kampus itu rada rawan lo, untuk itu cobalah kalian cari kos yang aman, jika kalian bawa kendaraan, kalian bisa nyari kosan yang rada jauh dari kampus, pertama biar aman, kedua biar nggak terlalu bising. Selain itu, aman disini juga aman dari ganguan setan. Ada juga lo kosan yang angker, bagi kalian yang penakut maka jangan coba coba tinggal dikosna yang angker.

Agar bisa Kuliah walaupun dalam keterbatasan biaya

Pada postingan sebelumnyantelah dijelaskan cerita tentang bagaimana agar kita bisa kuliah meskioun dalam keterbatasan biaya.

Dari cerita itu, maka dapat kita ambil sedikit pelajaran bahwa, walaupun kita berasal dsri keluarga tidak mampu, namun keinginan kuliah sangat kuat, maka insya allah, Allah akan mudakah jalannya. Ada beberapa pejerjaan yang bisa kaljan lakukan untuk membantu biaya kuliah, diantaranya yaitu :

Les
Di jogja banyak sekali bimbel bimbel yang membutuhkan tenaga pengajar les, kalian bisa mendaftar. Tapi kalo ikut bimbel, biasanya uang les dipotong sedikit untuk administrasi bimbelnya, sehingga jika kalian ingin dapet uang lumayan, maka cobalah untuk promosiin diri sendiri, ngajar les sendiri tanpa terikat dg bimbel manapun. Bagaimana cara melakukan promosi itu, kalian bisa datang ke sekolah sekolah, ngasih selebaran ke orang tua wali pada saat meraka menjemput anaknya, atau kalian juga bisa prmosiin di pamflet pamflet lalu dipampang di masjid masjid, atau bisa juga pasang iklan bari di koran, bisa juga dengan cara promosi lewat sosial media.

Ngojek
Di kota kota besar saat ini sudah ada ojol, atau ojek online. Bago kalian yang punya sepeda motor, cobalah daftar siapa tau bisa buat tambah tambahan biaya kuliah, g usah gengsi, gengsi itu hanya aka menghambat kesuksesan kalian.

Jualan online
Jualan online itu g harus kita punya barang aslinya, kalian bisa lihat ke toko toko online yang sudah ada, lalu ambil gambarnya promosiin di sosmed kalian, jika ada yang order maka kalian tinggal orderin ke toko aslinya, dan jangan lupa ambil keuntunhan ya. Hehe.

Jualan koran
Ada temen saya, yang setiap pagi dia selalu jualan koran di bangjo bangjo, kelihatannya sih sepele tapi keuntungannya lumayan loh, bisa buat makan sehari. Sekali lagi, jangan gengsi ya.

Ngeblok
Bagi kalian yang punya hobi menulis, jangan hanya hobi menulis tersebut disalurkan di sosmed doang. Bisa lo, kalian coba untuk ngeblog, jangan salah ngeblog juga bisa ngasilin puluhan juta, bahkan ratusa juta. Karna saya ngalamin sendiri, alhamdulilah lewat blog, allah ngasih riski lumayan buat saya. Bagaimana cara ngasilin duit lewat blog, coba kalian pelajari goohgle adsense ya, banyak kok tutorial tutorial bagaimana cara menghasilin uang dr blog melalui google adsense. Hal yang perlu diperhatikan yaitu tidak semuanya bisa berjalan instan, semua butuh proses, sehingga ketika kalian mencoba untuk bisnis melalui blog, maka bersabarlah. Cobalah rutin ritin postinh, maka insyanallah hasil akan mengikuti.

Demikian artikel tentang cara agar kita bisa kuliah dengan biaya sendiri, mudah mudahan bermanfaat buat kalian.

Lulus kuliah dengan biaya sendiri

Saat ini biaya kuliah bisa dibilang tidak murah lagi, sehingga bagi kita yang berasal dari keluarga tidak mampu, maka itu menjadi sedikit hambatan buat kita. Namun 1 yang perlu kita   yakini, jika kita benar benar niat menuntut ilmu karena Allah, maka Allah oun akan mempermudah jalan kita. Saya sendiri mengalami hal itu, bahkan sampai dengan saat ini pun saya masih inget, waktu saya minta izin orang tua untuk melanjutkan kuliah, waktu itu juga ibu saya menangis, karena memang belum punya uang dama sekali. Namun karena keinginan kuliah saya sudah kuat, maka saya bujuk terus, dan alhamdulilah akhirnya diizinkan.

Awalnya saya mencoba untuk daftar dijalur beasiswa melalui program bidikmisi, dan alhamdulillah tidak lolos, lalu saya mencoba untuk tanya tanya ke teman teman, kampus mana yang biaya kuliahnya terjangkau. Akhirnya saya dapat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Waktu pertama kali daftar, orang tua saya pinjem uang ke saudara untuk saya gunakan pergi ke jogja, dsb. 2 kali daftar dijalur reguler dan sbmptn, alhamdulillah 2 2nya ketrima.

Setelah ketrima, maka saya harus registrasi mahasiswa baru, waktu itu di tahun 2010 bayarnya sekitar 2,5jt. Bagi kami yg berasal dari keluarga pas2an, maka uang segitu sudah lumayan besar, sehingga lagi lagi, orang tua saya pinjem ke saudara untuk biaya registrasi itu. Kemudian pada saat saya sudah resmi menjadi mahasiswa UIN SuKa, saya bingung mau tinggal dimana, karena kalau tinggal di kos kosan maka butuh biaya yang besar lagi, akhirnya saya putuskan untuk tinggal di mesjid.

Di awal2, saya selalu merepotkan temen saya, diantaranya ada mas ali dan buston. Beliau berdua lah yang ngasih tempat tinggal geratis buat saya sebelum akhirnya saya dicarikan tempat tinggal di masjid.

Setelah masuk perkuliahan, tentunya saya butuy giaya yang lumayan banyak, baik biaya makan, trasnportasi, dsb. Untuk menghemat biaya, maka setiap hari saya memutuskan untuk masak nasi sendiri, dan bahkan sering juga lauknyanpun buat sendiri. Sebenarnya saya juga masih daopat kiriman dr orang tua, tapi ya tetep harus ngirit kan ya, kasihan kalo uangnya dihambur2kan. Untuk membantu orang tua, saya mencoba untuk ngajar les ke anak2, lumayan sih buat nambah2 biaya makan. Selain itu, pernah juga saya coba jsdi tukang ojek, antar jemput anak sekolah, tapi karena saya tipe orang yang gampang bosen, maka itu cuma berlangsung sekitar 3mingguan. Jualan burung juga pernah saya alami, lumayan sih waktu itu. Jadi critanya saya itu sama sekali nggak hobi hurung, sehingga jenis jenis burung pun saya sama sekali nggak tau, tapi karena ingin dapet tambahan uang, maka saya nekat untuk mencoba.

Waktu iti saya khusus jualan burung kenari, perlahan saya pelajari tipe atau jenis jenis kensri, mulai dari lokal, af, afs, f1, f2, fe, sampe yokser. Namun karena keterbatasan modal, saya cuma jualan burung kenari jenis af, waktu itu kisaran harga 450 sampe 600anrb. Lumayan sih untungnya, rata rata saya beli burung, 1 2 3 hari sudah laku, keuntungan burung kisaran 50 sampe 200an ribu.

Kemudian, disuatu ketika saya ditawari temen saya kerja di sd, lumayan sih gajinya, waktu itu saya belum lulus, saya sudah digaji 1jutaan. Ukuran saya, uang segitu sudah lumayan besar, namun karena kesibukan kuliah dan kerja, akhirnya saya pensiun dari dunia permanuan, dan fokus kerja di sd. Setelah beberapa bulan, saya merasa kuliah saya berantakan, akhirnya saya memutuskan untuk resign, dan fokus kuliah ngerjain skripsi. Akhirnya lulus deh. Alhamdulilah.

Sekilas Tentang Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terletak di Jl. Laksda Adisudjipto, tepatnya di sebelah barat Ambarukmo Plaza. Kampus ini memiliki beberapa fakultas, yaitu :
  1. Adab dan Ilmu Budaya 
  2. Pascasarjana
  3. Dakwah dan Komunikasi 
  4. Syari'ah dan Hukum 
  5. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
  6. Sains dan Teknologi 
  7. Ushuluddin dan Pemikiran Islam 
  8. Ekonomi dan Bisnis Islam 
  9. Ilmu Sosial dan Humaniora 

Setiap fakultas tersebut, mempunyai bermacam macam program studi/jurusan, bagi kalian yang ingin kepoin berbagai jurusan itu, kalian bisa lihat langsung di website resmi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di uin-suka.ac.id.

Sekilas Tentang Kampus UIN Sunan Kalijaga YogyakartaMeskipun tyerbilang kampus yang murah, tapi kalian bisa mendapatkan berbagai fasilitas yang ada di sana, misalnya :
  1. Perpustakaan
    Perpustakaan UIN Suka dipandang sebagai perpustakaan yang keren, baik dilihat dari segi teknologinya, yaitu peminjaman sudah dilakukan mandiri, dalam artian mahasiswa bisa meminjam buku sendiri dengan mesin tertentu tanpa melibatkan petugas maupun pustakawan, selain itu fasilitas yang ada di perpustakaan UIN Suka ini pun erbilang lengkap, ada ruang seminar, ruang audio visual, canadian corner, ruang khusus divabel, dsb. Selain itu perpustakaan UIN juga bisa digunakan sebagai tempat ternyaman untuk ngadem, cobadeh kalo nggak percaya, nanti kalo kalian sudah jadi mahasiswa disana, sesekali ngadem dan tidu2an di situ, hahah

  2. Masjid yang indah dan luas. 
    Salah satu icon UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Masjid yang berdiri megah di ujung gerbangnya itu, selain itu masjid ini pun juga sangat luas, dan nyaman sekali. 

  3. Poliklinik
    Poliklinik merupakan salah satu layanan yang diberkan leh UIN Sunan Kalijaga kepada civitas akademikanya dalam bidang kesahatan, untuk itu bagi kalian yang nantinya (misallnya) lagi sakit sakit, maka cbalah periksa di poliklinik ini ya. Poliklinik ini terkenal dengan petugasnya yang sangat ramah ramah, penyabar, pokoknya nyenengin deh.

  4. Pusat Bahasa
    Pusat bahasa merupakan salah satu layanan UIN SUKA yang diberikan kepada mahasiswanya agar mereka mahir dalam bahasa arab dan inggris. Jadi setiap mahasisw ayang masuk UIN maka diwajibkan mengikuti program pelatihan bahasa arab di semester pertama, biasanya seminggu 3 kali, kemudian di semester ke 2 ada pelatihan bahasa inggris, waktunya pun juga seminggu 3 kali.

  5. Multipurpose (MP)
    MP merupakan gedung serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, misalnya seminar, wisuda, bahkan kalian bisa menggunakannya pada saat resepsi pernihakan. 
  6. Laboratorim terpadu, dan sebagainya. banyaklah pokoknya
Nah, itu tadi beberapa informasi seputar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, semoga bermanfaat bagi kalian

Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang akan diambil

Bagi sebagian  kalian yang akan lulus SMA, biasanya bingung dalam menentukan jurusan kuliah yang diambil, Tidak hanyak jurusan, kadang kita juga bingung dalam menentukan kira kira kita mau kuliah dimana, untuk itu dalam tulisan ini akan dibahas terkait bagaimana tips atau cara menentukan jurusan kuliah yang diambil. 

Cara Menentukan Jurusan Kuliah

  1. Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang akan diambilPertama yang bisa kalian lakukan yaitu istikhoroh, minta petunjuk ke Allah, biar Allah yang milihin kita. Karena Allah tau yang terbaik buat kita. Terkadang sesuatu yang kita anggap baik, kita anggap bagus, bisa jadi itu membawa kemadhorotan buat kita, tp sebaliknya bisa jadi apa yang nggak kita inginkan, bisa jadi jurusan yang kita sepelein, justru suatu saat nanti bisa membuat kita bahagia. Contohnya saya ini, di awal2 saya mau kuliah, saya istikhroh dlu, biar Allah yang milihin, akhirnya saya ketrima di UIN SKA jurusan lmu Pepustaakan, di benak saya jurusan perpustakaan bisanya cuma menata buku, dan bahwa saat  perkuliahan pun saya kurang bisa menikmati, tapi alhamdulilah setelah lulus, saya bisalangsung kerja, bisa ngidupin orang tua, dsb. Alhamdulialh.

  1. Pilihlah jurusan yang menurut anda sesuai dengan passion atau minat kalian. Jangan terlalu memikirkan prospek kerja, niatkanlah kuliah untuk menuntut ilmu dulu, urusan kerja, biarlah Allah yang ngurus, insya Allah kalo kita ada di rell yang lurus, habis kerja pun Allah tunjukan riski yang mudah buat kita. Pertanyaannya yaitu kenapa kita harus memeilih jurusan yang sesuai degan minat?. iya, karena ketika jurusan yang kita pilih itu sesuai dengan minat, makakita menjalaninya pun akan semangat, sehingga hasilnya pun insya Allah akan maksimal

  2. Cobalah konsulasikan dengan gurumu. Guru itu sudah punya pengalaman yang banyak dibanding kita, sehingga melalui guru insya Allah akan ada solusi Allah lewat slusi yang diberikan oleh guru kalian.

Demikian artikel tentang cara menentukan jurusan kuliah yang bisa kita ambil, semoga ini bisa memberikan manfaat bagi kalian yang akan meneruskan ke jenjang yang berikutnya.

Alasan Kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu kampu islam negri yang terletak di Yogyakarta. Kampus ini terbilang sudah tua, sehingga secara mutu sudah tidak diragukan lagi. Ada beberapa aasan kenapa kalian perlu kuliah di UIN SuKa, diantaranya yaitu :


Keunikan UIN Sunan Kalijag yogyakarta

  1. Biaya kuliah yang sangat murah.
    Alasan Kuliah di UIN Sunan Kalijaga YogyakartaSaya sendiri alumni UIN Suka, saya masuk di tahun 2010, waktu itu setiap semester saya hanya bayar 600rb, ayar uang praktikum 100rb, jadi sealama 6 bulan saya cuma bayar 700?. Murah banget kan, saya inget waktu itu di kampus kampus lain semesterannya sudah mencapai 2juta lebih, bahkan di luar semesteran dan sks pun ada bayar2 lagi, misal bayar uang gedung dan sebagainya, namun karena UIN Suka adalah salah satu kampus negri, maka mahasiswa hanya dikenakan uang semesteran saja. Kemudian angkatan tahun 2012 sudah diterapkan sistem UKT. Apa itu UKT? intinya bayar semesternya disesuaikan dengan pendapatan orang tua, sehingga antara mahasiswa 1 dengan mahasiswa lainnya bayarnya berbeda. Ada yang bayar 400rb, 600 rb, 800rb, 1,5jt dst. Itu pun masih tergolong murah lagi, secara saat ini kampus kampus lain biaya semesterannya ada yang mencapai 9an juta, bahkan lebih dari 10jt, padahal alo dilihat dari segi kualitas ya 11 12 sih. 

  2. Kampus di tengah kota
    UIN Suka terletak di tengah tengah kota, dan sangat strategis sekali, diapit oleh Mall besar, yaitu Ambarukmo plaza, dan lipo mall. Selain itu kalo kita mau kemana mana sangat dekat. Mau ke bandara paling 10 menit, mau ke mallioboro 20 menit, gembiro loka zoo 7 menit. tuku jogja 8 menit, terminal giwangan 20 menit. Enak kan?.
  3. Mahasiswanya pinter ngaji
    Dimana pun berda, mahasiswa UIN Suka Yogyakarta itu dikenal sebagai mahasiswa yang pinter ngaji lo,,Apa lagi di tempat KKN, entah kenapa ya, padahal sebenarnya g juga si, nggak semuanya pinter ngaji, tapi karna m asyarakat umum udah termindset kalo mahasiswa UIN Suka pinter pinter ngaji, maka kita sebagai mahasiswa dan alumni jadi termotivasi untuk belajar ngaji.
  4. Biaya hidup relatif murah
    Kampus ini dikenal dengan kampus rakyat, karena saking murahnya, sehingga yang kuliah di UIN Suka pun banyak yang berasal dari keluarga yang tidak mampu, termasuk saya. Saya sendiri kuliah di UIN hanya modal nekat saja, modal yakin, tapi alhamdulilah selesai juga S1nya. Dari situ, maka biaya kosan, biaya makan di daerah kampus UIN SUKA pun tergolong murah, misla nasi sayur, telor paling 7000an dapet kan ya.

Visitor

.